Teknik Membaca SQ3R
Agar setiap aktivitas membaca
yang dilakukan dapat berjalan efektif dan efisien, kiranya diperlukan
teknik tertentu. Dalam hal ini, Francis P. Robinson dari Universitas Negeri
Ohio Amerika Serikat telah mengembangkan sebuah teknik membaca yang dikenal
dengan sebutan SQ3R. Teknik ini bersifat praktis dan dapat diaplikasikan dalam
berbagai pendekatan belajar.
SQ3R pada prinsipnya merupakan
singkatan dari langkah-langkah mempelajari teks atau buku yang terdiri dari :
(1) Survey; (2) Question; (3) Read; (4) Recite;
dan (5) Review . Dengan merujuk pada pemikiran Muhibbin Syah (2003),
di bawah ini akan diuraikan secara singkat langkah-langkah teknik membaca ini.
1. Survey
Pada langkah yang pertama ini
dilakukan penelaahan sepintas kilas terhadap seluruh struktur teks. Tujuannya
adalah untuk mengetahui panjangnya teks, judul bagian (heading), judul
subbagian (sub-heading), istilah, kata kunci, kalimat kunci, dan
hal-hal lainnya yang dianggap penting dalam tulisan itu, sehingga diperoleh
gambaran yang bersifat umum dari isi yang terkandung dalam buku atau teks.
Dalam melakukan survey, dianjurkan menyiapkan pensil, kertas, dan alat pembuat
ciri seperti stabilo (berwarna kuning, hijau dan sebagainya) untuk menandai
bagian-bagian tertentu. Bagian-bagian penting akan dijadikan sebagai bahan
pertanyaan yang perlu ditandai untuk memudahkan proses penyusunan daftar
pertanyaan yang akan dilakukan pada langkah kedua.
2. Question
Langkah kedua adalah menyusun
pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat, dan revelan dengan bagian-bagian
teks yang telah ditandai pada langkah pertama. Jumlah pertanyaan bergantung
pada panjang-pendeknya teks, dan kemampuan dalam memahami teks yang sedang
dipelajari. Jika teks yang sedang dipelajari berisi hal-hal yang sebelumnya
sudah diketahui, mungkin hanya perlu membuat beberapa pertanyaan. Sebaliknya,
apabila latar belakang pengetahuan tidak berhubungan dengan isi teks, maka
perlu menyusun pertanyaan sebanyak-banyaknya.
3. Read
Langkah ketiga adalah membaca
secara aktif dalam rangka mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah
tersusun. Dalam hal ini, membaca secara aktif juga berarti membaca yang
difokuskan pada paragraf-paragraf yang diperkirakan mengandung jawaban-jawaban
yang diperkirakan relevan dengan pertanyaan yang telah disusun pada langkah
kedua.
4. Recite
Langkah keempat adalah
menyebutkan atau menceritakan kembali jawaban-jawaban atas pertanyaan yang
telah tersusun. Sedapat mungkin diupayakan tanpa membuka catatan jawaban
sebagaimana telah dituliskan dalam langkah ketiga. Jika sebuah pertanyaan tidak
terjawab, diusahakan tetap terus melanjutkan untuk menjawab pertanyaan
berikutnya. Demikian seterusnya, hingga seluruh pertanyaan, termasuk yang belum
terjawab, dapat diselesaikan dengan baik.
5. Review
Pada langkah terakhir dilakukan
peninjauan ulang atas seluruh pertanyaan dan jawaban sehingga diperoleh sebuah
kesimpulan yang singkat, tetapi dapat menggambarkan seluruh jawaban atas
pertanyaan yang telah diajukan.
Meski terkesan sangat
mekanistik, tetapi membaca dengan menggunakan SQ3R ini dianggap lebih
memuaskan, karena dengan teknik ini dapat mendorong seseorang untuk lebih
memahami apa yang dibacanya, terarah pada intisari atau kandungan-kandungan
pokok yang tersirat dan tersurat dalam suatu buku atau teks Selain itu,
langkah-langkah yang ditempuh dalam teknik ini tampaknya sudah menggambarkan
prosedur ilmiah, sehingga diharapkan setiap informasi yang dipelajari dapat tersimpan
dengan baik dalam sistem memori jangka panjang seseorang.
Untuk menempuh kelima prosedur
di atas pada awalnya mungkin akan dirasakan berbelit-belit, tetapi dengan
membiasakan secara terus-menerus lama kelamaan akan menjadi hal yang biasa.
Bagi Anda yang belum terbiasa, selamat mencoba dan mudah-mudahan sukses !
- Survey
- Question
- Read
- Recite
- Review
Inti dari kesemua cara tersebut kurang lebih sama yakni:
- Adanya proses persiapan sebelum pembacaan secara penuh dilakukan
- Adanya proses pengulangan atau review untuk memastikan pemahaman akan bahan bacaan
1. Survey
Yakni proses persiapan membaca dengan cara melihat secara sekilas isi buku mulai dari judul utama, sub judul, cover buku bagian belakang yang menjelaskan secara ringkas topik yang dibahas, kata pengantar dari penulis, maupun daftar isi.Proses selanjutnya dari tahapan Survey adalah dengan membuka secara cepat halaman demi halaman dan memperhatikan bagian judul bab, sub judul bab, kata-kata khusus yang bercetak tebal atau miring, tabel, gambar sambil mencoba mendapatkan ide besar dari buku tersebut.
Survey yang sukses akan menghasilkan gambaran umum tentang isi buku sekaligus menciptakan minat yang kuat untuk memahaminya. Ini merupakan modal penting untuk membantu proses membaca cepat isi buku secara keseluruhan disamping memastikan tingkat pemahaman yang tinggi akan isi buku.
2. Question
Tahap ini dilakukan bersamaan dengan proses survey terutama ketika Anda mempelajari daftar isi serta mulai membaca sekilas halaman demi halaman secara cepat.Sambil Anda membaca judul bab, sub judul bab, kata-kata khusus bercetak tebal atau miring, tabel dan gambar maka pada saat yang sama Anda melakukan proses bertanya kepada diri sendiri. Di sini Anda melakukan proses aktif dengan melakukan analisa, sintesa maupun argumentasi terhadap pokok pikiran yang disampaikan penulis buku. Anda bisa menciptakan berbagai pertanyaan seperti:
- Menurut saya bab ini harusnya menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu “Pengembangan Pribadi”
- Menurut saya pengembangan pribadi tidak hanya bersifat skill semata, melainkan pula pengembangan spiritual. Akan tetapi penulis buku ini sepertinya lebih fokus pada pengembangan pribadi yang bersifat skill.
- Saya percaya bahwa pengembangan pribadi akan membantu orang untuk sukses. Namun saya juga meyakini ada faktor-faktor lain yang menyertainya, termasuk Tangan Tuhan di dalamnya.
- Dan seterusnya
Proses inilah yang nantinya akan membantu terjadinya membaca secara aktif. Lewat cara ini, pembaca tidak sekedar “menurut” dengan apa yang disampaikan penulis melainkan turut melakukan analisa, sintesa maupun argumentasi terhadap isi buku.
3. Read
Setelah dua tahap di atas dilakukan, maka mulailah proses membaca secara keseluruhan dilakukan. Dengan adanya persiapan sebelum membaca, maka proses baca keseluruhan isi dapat dilakukan dengan kecepatan tinggi. Hal ini dibantu karena pembaca tersebut telah mengenali ide pokok yang disampaikan penulis, memahami strukturnya, maupun terminologi yang banyak dipakai.Proses pembacaan keseluruhan ini dapat dilakukan dengan break di tiap akhir bab untuk kemudian melakukan review atau dengan cara menyelesaikan dulu secara tota
4. Recite
Proses resitasi atau melakukan refleksi atas bahan bacaan dapat Anda lakukan segera setelah mengakhiri satu bab. Langkah ini dilakukan untuk menguji pemahaman atas apa yang telah dibaca. Proses ini dilakukan dengan menceritakan ulang pokok pikiran yang dibahas dalam buku tersebut dengan gaya bahasa Anda sendiri.Jika hal tersebut dapat dilakukan menunjukkan bahwa Anda memahami isi buku tersebut. Namun jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka pemahaman Anda sebenarnya masih diragukan.
Proses resitasi ini sangat bermanfaat terutama ketika membaca buku-buku teks perkuliahan yang wajib dikuasai. Proses ini tidak berusaha menghafal apa-apa yang Anda baca melainkan berusaha memahami dengan bahasa sendiri apa-apa yang telah dibaca.
5. Review
Ketika kita menyerap informasi, maka apa-apa yang dibaca akan masuk ke dalam memori jangka pendek. Proses review dilakukan setelah proses membaca selesai agar apa-apa yang dibaca tidak hanya masuk dalam memori jangka pendek melainkan masuk ke memori jangka panjang. Dengan demikian, kapanpun Anda perlu mengingat kembali materi bacaan tersebut, tinggal melakukan proses pemanggilan dari memori jangka panjang.Proses review awal dilakukan segera setelah mengakhiri bahan bacaan. Hal ini dilakukan mirip dengan proses “Survey” di mana Anda membolak-balik halaman secara cepat sambil melakukan review singkat untuk memastikan apa-apa yang dibaca telah terpahami.
Proses review ini cukup menghabiskan waktu 5 menit saja dan akan bermanfaat sekali dalam jangka panjang terutama terkait pemahaman dan ingatan akan bahan bacaan.
Jika Anda mengabaikan proses review ini, mungkin Anda masih dapat mengingat dengan baik isi bahan bacaan. Akan tetapi, dalam 24 jam pemahaman tersebut akan turun cukup banyak dan terjadi penurunan drastis setelah seminggu.
Buat Anda yang masih berkuliah atau menjalani pendidikan, proses review yang sama perlu dilakukan segera setelah Anda menjalani proses perkuliahan untuk satu topik. Dengan demikian Anda akan menghemat waktu dalam menguasainya dibandingkan dengan berusaha membaca kembali setelah 1 bulan atau menjelang ujian.
Setelah proses review pertama dilakukan, proses review berikutnya dapat dilakukan setelah seminggu dan sebulan. Dengan cara ini, apa-apa yang Anda baca akan masuk ke memori jangka panjang dan akan terus diingat dan dipahami bertahun-tahun.
Membaca Efektif dengan SQ3R
Ada banyak metode membaca yang ditawarkan ilmuwan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas salah satunya yakni metode SQ3R. Metoda SQ3R memberikan strategi yang diawali dengan membangun gambaran umum tentang bahan yang dipelajari, menumbuhkan pertanyaan dari judul/subjudul suatu bab dan dilanjutkan dengan membaca untuk mencari jawaban dari pertanyaan.Membaca dengan metoda SQ3R terdiri atas lima tahapan proses yaitu :
- Survey atau meninjau
- Question atau bertanya
- Read atau membaca
- Recite atau menuturkan
- Review atau mengulang
1. SURVEY
Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?
Baca Judul
|
Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan
pada topik bab
|
Baca Pendahuluan
|
Memberikan orientasi dari pengarang
mengenai hal-hal penting dalam bab
|
Baca kepala judul/subbab
|
Memberikan gambaran mengenai kerangka
pemikiran
|
Perhatikan grafik, diagram
|
Adanya grafik, diagram dan gambar
ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
|
Perhatikan alat Bantu baca
|
Termasuk huruf miring, definisi,
pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan
mengingat.
|
Setelah kerangka pemikiran suatu bab diperoleh, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul ini satu per satu dan ubah kepala judul ini jadi beberapa pertanyaan.
Tulislah pertanyaan-pertanyaan itu pada suatu kolom dengan lebar 1/3 halaman kertas dan kolom sisanya untuk jawaban yang diperoleh selama membaca. Misalkan kita membaca buku tentang “Belajar di SMA” dan kepala judulnya adalah “Manfaatkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu”. Pertanyaan yang dapat kita mundulkan adalah “Mengapa kita harus memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler?” dan “Bagaimana caranya kita bisa ikut terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler?”.
3. READ
Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas jangan pindah ke subbab lain sebelum kita menyelesaikannya. Pada saat membaca, kita mulai mencari jawaban pertanyaan yang kita buat pada Question. Tuliskan jawaban yang kita peroleh dengan dengan kata-kata sendiri di kertas yang pada 2/3 kolom yang disiapka
4. RECITE
Pada umumnya kita cepat sekali lupa dengan bahan yang telah dibaca. Dengan melakukan proses Recite ini kita bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita menyelesaikan suatu subbab.
Cara melakukan Recite adalah dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan cobalah jawab pada selembar kertas tanpa melihat buku.
5. Review
Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan membaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan atau berdiskusi dengan teman. Cara Review yang terbukti efektif adalah dengan menjelaskan kepada orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar