Masalah jangan dijadikan beban,sebab dengan masalah kita lebih dewasa dalam menghadapi hidup ini

Jumat, 15 Juni 2012

Menentukan Isi Pokok Dalam Berita


MENENTUKAN ISI POKOK DALAM BERITA

Teori Membaca  
      
     Kegiatan membaca yang Kamu lakukan dalam pembelajaran bahasa Indonesia bermacam-macam. Misalnya membaca pemahaman tentang berbagai teks,  memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai,  memahami ragam wacana tulis dengan  membaca dan membaca  nyaring. Salah satu kegiatan membaca yang Kamu lakukan adalah memahami berbagai teks berita yang dapat Kamu simak melalui tv dan radio.
     Dalam  menyimpulkan berita yang akan Kamu tonton dari tv atau Kamu dengarkan  dari radio, Kamu juga dapat berlatih  dengan meminta temanmu untuk membacakan sebuah berita dengan berbagai tema, misalnya tema tentang kesehatan. Setelah  menyimak berita tersebut Kamu  dapat melatih kemampuanmu menyimpulkan juga dengan cara membaca kembali teks berita yang telah dibacakan temanmu  tersebut. Selanjutnya, Kamu harus menentukan pokok-pokok berita dan  menyimpulkannya dengan menggunakan kalimatmu sendiri.  Teks berita yang tersedia yang Kamu tulis  tentu dapat dijadikan sebagai bahan bacaan untuk memahami dan menyimpulkan isi berita tersebut.
       Dengan membaca teks tersebut, berarti Kamu akan  memahami berita melalui bacaan yang disampaikan. Tujuan kegiatan membaca berita tentu saja adalah menyerap informasi yang termuat dalam berita. Tidak semua informasi menjadi kesimpulan berita tersebut. Kamu harus dapat menyeleksi informasi yang penting untuk bahan kesimpulan. Informasi penting tersebutlah yang disebut pokok-pokok berita. Jika Kamu telah dapat menangkap informasi penting tersebut, berarti Kamu telah dapat  memahami intisari bacaan secara tepat dan cepat. Karena tujuannya adalah agar dapat menyimpulkan dengan benar,   maka Kamu hendaknya melakukan  langkah-langkah berikut.

-       membaca keseluruhan  wacana berita tentang kesehatan
-       memilah tiap  paragraf  berdasarkan wacana, dan
-       menentukan pokok-pokok pikiran berita  berdasarkan paragraf  tersebut.
Contoh:
       Pendengar setia  ... di setiap iklan rokok, tercantum peringatan tentang risiko gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh perokok. Gangguan kesehatan itu di antaranya adalah dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Selain itu, salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan rokok adalah penyakit paru obstruktif menahun.
       Dampak rokok pada umumnya disebabkan asap rokok. Asap rokok dapat menimbulkan radang kronik pada pipa saluran pernapasan. Hal itu akan mengakibatkan selaput lendir pipa saluran pernapasan menyempit. Udara yang keluar masuk pipa pernapasan tidak lancar sehingga pasien merasa sesak napas. Keluhan sesak napas menandakan bahwa proses merokok telah berjalan bertahun-tahun. Diperkirakan 80 sampai 90 persen perokok mempunyai risiko terkena penyakit paru obstruktif menahun. Selain disebabkan rokok, penyakit paru obstruktif menahun juga dapat disebabkan oleh faktor genetik, infeksi, dan polusi udara.
       Dampak rokok tidak hanya dialami oleh perokok saja. Akan tetapi, juga dialami orang yang berada di sekitarnya. Mengapa demikian? Karena walaupun tidak ikut merokok, namun orang di sekitar perokok tersebut tetap menghirup asap rokok yang terbawa udara. Orang-orang yang menghirup asap rokok tanpa merokok secara langsung disebut perokok pasif.    


Setelah Kamu membaca secara keseluruhan berita tentang kesehatan tersebut, Kamu dapat memilih tiap paragraf. Paragraf (1) dimulai dari Pendengar setia hingga obstruktif menahun. Paragraf (2) dimulai dari Dampak rokok hingga polusi udara. Paragraf (3) dimulai dari Dampak rokok hingga perokok pasif.

Selanjutnya, Kamu dapat menentukan pokok-pokok berita. Untuk mempermudah, gunakan tabel berikut.

No.
Paragraf
Pokok-pokok  Berita
1.
1
Di setiap iklan rokok tercantum peringatan gangguan kesehatan terhadap perokok.
2.
2
Dampak rokok pada umumnya disebabkan asap rokok.
3.
3
Dampak rokok bagi perokok pasif.

Penyimpulan Isi Berita
       Cara menyimpulkan isi berita dapat ditulis dalam sebuah paragraf berdasarkan pokok-pokok pikiran yang telah ditemukan dalam wacana berita. Perhatikan contoh berikut!


Pokok-pokok Berita
Simpulan
Di setiap iklan rokok tercantum peringatan gangguan kesehatan terhadap perokok.
       Di setiap iklan rokok tercantum peringatan gangguan kesehatan terhadap perokok. Dampak rokok pada umumnya disebabkan asap rokok. Oleh sebab itu, perokok pasif pun dapat terkena dampaknya.
Dampak rokok pada umumnya disebabkan asap rokok.
Dampak rokok bagi perokok pasif.
Penerapan:
Cara menyimpulkan isi berita dapat dilakukan dengan mengambil pokok-pokok pikiran berita kemudian menuliskannya dalam kalimat-kalimat. Perhatikan contoh berikut!


Pokok-pokok Berita

(1) Di setiap iklan rokok, tercantum peringatan gangguan kesehatan terhadap perokok, di antaranya penyakit paru-paru, serangan      jantung, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.
(2) Dampak rokok pada umumnya disebabkan oleh asap rokok.
(3) Dampak rokok bagi perokok pasif juga berbahaya.


Simpulan
       Di setiap iklan rokok tercantum peringatan gangguan kesehatan terhadap perokok. Dampak rokok pada umumnya disebabkan asap rokok. Oleh sebab itu, perokok pasif pun dapat terkena dampaknya.
















Informasi bisa didapatkan dari berbagai sumber, sepertisurat kabar, majalah, buku, televisi, radio, dan tuturan langsung. Pada prinsipnya, dari sumber apa pun informasi tersebut diperoleh, Anda harus berkonsentrasi dalam mendengarkannya. Halini sebab mendengarkan merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi. Salah satu cara agar konsentrasi muncul adalah cermati dan tangkaplah pokok-pokok informasi tersebut. Pokokpokok informasi diperoleh dengan cara menjawab informasi apa yang disampaikan, dari siapa informasi itu diperoleh,kapan
informasi itu diperoleh, di mana informasi itu diperoleh, mengapa informasi itu disampaikan, dan bagaimanainformasi itu dapat disampaikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar